Artikel Pilihan :
Home » , , , » Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank

Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank

Oleh: Unknown | Jumat, 28 Oktober 2011 | 23.39

Apa sebenarnya AlexaRank dan Google PageRank? Mengapa begitu banyak webmaster mengandalkan Alexa untuk menilai sebuah website / blog?

Mengenal Alexa Rank
RahasiaWanitaIndonesia - Alexa rank adalah salah satu site tools yang digunakan untuk meranking seluruh website yang online di dunia ini. Sistem perangkingan di Alexa hampir sama dengan di sekolah, semakin angkanya kecil, maka itulah yang bagus. Hal ini berbanding terbalik dengan Google pagerank yang jika nilainya semakin tinggi maka rangkinya itu bagus. Ratenya juga berbeda, jika Google pagerank menggunakan penilaian 0-10, Alexa noranking-1 dan biasanya diawali dengan angka puluhan juta jika sudah mendapat peringkat.

Telusur dan telusur, ternyata ranking yang dihitung oleh Alexa adalah menggunakan toolbar yang terpasang disetiap komputer. Artinya begini, alexa hanya akan menghitung popularitas sebuah website dari kunjungan orang yang menggunakan PC dengan terdapat toolbar alexa pda browsernya.

Anda memiliki website, atau blog? Segera pasang Alexa toolbarnya yah. Supaya sama-sama menaikan ranking. Kita sesama blogger bisa saling membantu meningkatkan ranking.

Selain itu ada beberapa webmaster yang mengatakan bahwa AlexaRank kurang efektif untuk menilai sebuah website, karena alat penghitungnya adalah toolbar, dan lebih parahnya ternyata AlexaRank bisa dimanipulasi oleh webmaster yang sudah ahli tapi nakal.

Mengapa Alexa Rank dan Google PageRank Begitu Penting?
Tentu saja sangat penting, selain dari beberapa internet program yang menilai website supaya bisa ikut andil di dalamnya, harus memiliki rankin alexa yang memadai. Artinya, ada beberapa yang masih menggunakan alexa sebagai salah satu syarat untuk ikut serta. Begitu pula dengan Google pagerank.

Terlebih jika Anda bermain pada bisnis jual beli website atau site flipping. Tentu saja ini juga akan mempengaruhi nilai jual website yang akan Anda listing. Itu saja dulu ya, semoga sharingnya bermanfaat! :)


Be Your Super Self and See U At The TOP!





Puspitasari
Project Manager
Kemaludin E-Publishing House
Jasa.LuluKemaludin.com
Share this article :
Anda sedang membaca artikel berjudul "Mengenal Alexa Rank dan Google PageRank" Anda boleh menyebar luaskan artikel di atas maupun artikel lainnya jika Anda merasa tulisan-tulisan yang ada di blog Rahasia Wanita Indonesia bermanfaat. Direkomendasikan memasang link untuk setiap artikel. Link untuk artikel di atas adalah sebagai berikut:


15 komentar:

  1. Ini benar2 Automatic Backlink tampa harus insert html tag dll ke blog anda cukup comment .backlink anda pun sudah jadi.. buktian hasilnya.

    Auto Backlink

    di tunggu comment balik nya. :P

    BalasHapus
  2. @Kabayan Garut: Makasih kang udah mampir... Nanti dicoba... :)

    BalasHapus
  3. http://zulfikart.blogspot.com/

    keren gank...

    BalasHapus
  4. Wah...saya masih di urutan 8jutaan nih mbak...heheheh

    http://iniblogane.blogspot.com

    BalasHapus
  5. kalau newbie seperti saya, tidak terlalu memikirkan angka atau peringkat ini. Yang saya perlu sekarang adalah jumlah visitor yang (harapannya) tiap hari selalu meningkat :)

    BalasHapus
  6. @ZulfikArt: Situs saya aja belum selesai nih mas, coba ke TKP ah silaturahmi. Hehe...

    @Awal: Iya, yang saya juga Alexanya masih bengkak, sekarang masih 2 jute, tapi pasti meningkat lah.. hehe..

    @Kemon Baca: Iya dong pastinya, kalo tiap hari jumlah visitor meningkat ranking juga pasti tambah bagus, cos Alexa hitungannya dari traffic.

    BalasHapus
  7. Maaf bukan menyalahkan, menurut saya itu bukan gitu Mbak, saya sendiri tidak memakai alexa toolbar, toh alexa rank blog saya naik terus. Menurut saya adalah sistem perangkingan di alexa adalah rasio antara banyaknya kunjungan dan pageviews suatu blog.

    BalasHapus
  8. @JULAK: Thanks mas atas pendapatnya. Betul, sebagian ada yang beranggapan demikian. Saya sendiri setuju adanya alexabar di sebuah broser dapat membantu meningkatkan Alexarank, mungkin masbro memang tidak menggunakan tapi para pengunjung? :)

    Saya pun masih mencari kebenarannya. Apakah betul demikian atau bagaimana alexa bisa merekam aktifitas pada situs yang dirankingnya? Mungkin mas bisa jelaskan juga? Nah, ini nih asyiknya ada kolom komentar, jadi bisa saling tuker informasi...

    BalasHapus
  9. utuk perekaman alexa ialah pd saat registrasi kita diperintahkan mengklaim blog dgn mmasang meta content di template. yg diberikan alexa. walau tdk diklaim pun saya yakin blog kita sdh terekam oleh alexa, sm halnya di pagerank yg tidak ada proses memasang meta content, cukup mendaftarkan di blog saja.

    slm ini sy jg blm pernah menemukan sumber resmi di alexa, yg menyatakan bahwa dgn memasang alexa toolbar bisa menaikkan rangking alexa. coba buka alexa rank salah satu blog, kemudian arahkan kursor mouse ke ikon tanda tanya, baik rank global maupun rank lokal, disitu dijelaskan bagaimana rangking alexa di peroleh, oh ya, Mba belum pasang alexa ran khan?

    BalasHapus
  10. Sudah mas, cuman sempet nyungsep karena entah kenapa... Yang jelas karena sempet vakum beberapa bulan dan hanya menyisakan 9 postingan. Sekarang mulai bangkit meski arah panah masih berwarna merah dan terjungkal... Tidak masalah sih, yang penting sudah mulai diet lagi di bawah 2 jeti.

    Kenyataannya di lapangan berdasarkan ujicoba ada tools yang bisa memaksa si tante diet cepat, dan dampaknya terasa 3 bulan kemudian, tante alexa langsung gemuk... :D

    Oya, betul... Saya baru ingat akan satu hal terkait claim dan kode verifikasi yang disisipkan pada template atau kita upload ke hosting.

    Sekarang saya juga mulai coba setuju dengan pendapat mas, meski tanpa memasang widget, pasang toolbar, dan klaim sekalipun mesin alexa bisa saja melakukan deteksi pada situs, apalagi situs tersebut ramai.

    Thanks atas sharingnya dan thanks juga udah mampir lagi... Nice to meet you in here... :)

    BalasHapus
  11. iya bener alexa blogku makin lama meningkat tadinya 26jutaan jadi 5jutaan lumayan..

    BalasHapus
  12. kalau Alexa Rank secara menyeluruh dinilainya diperhitungkan dengan blog/website yang tersebar di Internet. Google Rank hanya menganalisa dari link masuk dan link keluar, dan popularitas linknya. betul ga?

    BalasHapus
  13. Ulasan tentang dua indikator web/blog yang cukup menarik, cukup menambah wawasan berpikir, keep sharing dan happy blogging.

    BalasHapus
  14. Punya q masih jutaan, keep fight terus untuk merampingkan :D

    BalasHapus

 
Copyright © 2011-2013 Rahasia Wanita Indonesia All Rights Reserved.
Template by Creating Website Published by Mas Template Custome by Rahasia Wanita